• Muhammad Firdaus

Stakeholders

Updated: Apr 10, 2018

Terdapat berbagai pihak internal dan eksternal yang dapat berkontribusi dan sekaligus mengambil manfaat dari proyek perubahan ini.

Pertama dan utama adalah Kepala LAN. Beliau dibtuhkan untuk memberikan arahan, dan endorsement terhadap Proyek Perubahan, mengkoneksikan dengan pihak eksternal dan resource yang penting. Hal yang sama juga dibutuhkan dari Sekretaris Utama LAN. Selain itu, Tim Corporate University ASN juga dibutuhkan untuk memberikan arahan bagaimana menintegrasikan rancangan pembelajaran di tempat kerja dengan Corpu ASN. Sementara itu, Tim Corpu LAN juga dibutuhkan untuk memberikan arahan mengenai bentuk-bentuk pembelajaran di tempat kerja yang dapat dilakukan di lingkup LAN dan memberikan kesempatan untuk uji coba dan mensinergikan pedoman pembelajaran di tempat kerja dengan rancangan Corpu LAN. Kedua tim ini juga berkepentingan untuk pedoman yang akan disusun karena Corporate University tidak akan berjalan jika pembelajaran di tempat kerja tidak digalakkan.



Berbagai unit kerja dalam lingkup LAN juga termasuk stakeholder yang dibutuhkan, seperti Kepala P3D, Kepala Pusbin Widyaiswara, Kepala Pusaka, Kepala Biro PH2P, dan Bagian Hukum,


Selain itu, berbagai stakeholder eksternal juga dibutuhkan seperti Deputi Bidang SDM Kementerian PAN dan RB, Corporate University BUMN, Corporate University Kemenkeu, Asosiasi Widyaiswara, Asosiasi Peneliti dan analis kebijakan, Alumni Pelatihan, dan Universitas Terbuka.

4 views